Selasa, 07 Oktober 2014

CARA MEMILIH ALAT DJ BERDASARKAN FUNGSINYA

Tips Membeli Alat-alat DJ Berdasarkan Keperluannya

Seperti artikel sebelumnya yang sudah saya bahas, di artikel ini saya akan jelaskan tentang tips membeli alat-alat DJ berdasarkan kegunaannya.

1. Apabila anda ingin menjadi DJ Club

Turntabel DJ Club

Apabila anda akan membeli Turntabel baru untuk berlatih dirumah, carilah Turntabel dengan torque atau kecepatan turntabelnya yang sedang atau standar, catridge atau jarum yang di pakai standar juga tidak apa. Sebagai pertimbangan anda bisa membeli TECHNICSS 1210 Mk5g, numark PRO TTX, atau stanton STR8-100

Dan apa bila anda ingin membeli yang bekas. Memang sih mencari Turntabel yang bekas gampang-gampang susah namun saya ada sedikit tips yang mungkin bisa menjadi acuan apabila anda ingin membeli alat yang bekas.
- Cek terlebih dahulu berapa kuat putaran motornya, contoh: simpan plat pada Turntabel, lalu tekan dan tahan menggunakan jari platnya .. tekan jangan terlalu kuat .. liat motornya apakah gampang berhenti berarti motornya lemah, banyak yang bilang turntabel direct drive nya, namun yang kaya begitu motor nya yang lemah. 
- Selain cek putaran motornya cek juga Tonearms dari turntabel, apakah bisa di naik turunkan tidak. Jangan membeli Turntabel yang tone arms nya ga bisa di naik turunkan, karna apabila kita sedang melakukan Scratching biasa di setel tone arms nya naik supaya jarumnya ga gampang loncat. 
- Cek juga putaran piringan dengan melihat titik di tempat piringan biasa turntabel bagus-bagus ada lampu di pinggir untuk menujukan tempat plot lagunya dimana, namun juga dapat digunakan untuk mengecek kecepatannya setabil atau tidak. Liat juga titik-titik pada pitch apakah dinaikan atau di turunkan lalu liat bayangan titik-titiknya apa ikut turun atau naik, jika kita berhenti menaik turunkan pitch nya apakah titiknya stabil atau berputar bolakbalik, apabila tetep berarti bagus. Tapi jika ikut muter pas waktu pitch ga dimainin itu berarti alat nya rusak. 

Mixer DJ Club

Apabila anda ingin membeli Mixer baru, dan anda juga mempunyai budget yang cukup anda bisa memilih Mixer yang terdiri dari banyak cahnnel, yang biasanya sering di pakai yaitu dengan 4channel dan build in effect atau yang sudah ada efeknya untuk memanipulasi suara yang sedang di mainkan. 
sebagai pertimbangan ada bisa memilih : pioneer DJM 600, allen heath xone 45, atau numark FX5000.
Untuk Mixer yang bekas, biasanya sangat sulit untuk untuk menentukan barang bekaas yang masih bisa digunakan, karena harus di bongkar dulu dalamnya supaya keliatan apakah carbonnya masih bagus atau tidak. soalnya carbon ini menentukan kebocoran suara pada fader kita, pada saat kita akan membeli coba fadernya di mentokin kiri ama kanan kalo misalnya kekiri suara yang chanel alin yang lewat kanan ngak keluar berarti masih bagus dan sebaliknya berarti jelek.

Headphone DJ Club

Headphon merupakan alat yang sangat penting dalam melakukan Mixing. Jika kita mempunyai budget yang lebih saya menganjurkan untuk membeli headphone yang bagus. 
contohnya seperti, sony mdvr700, TECHNICS rpdj atau pioneer HDJ 1000.
Jika kita hanya mempunyai budget yang minim kita bisa membeli headphone yang bekas namun yang suaranya masih bagus. cara cek headpon sangat mudah lihat saja pada bagian luarnya apabila belum ada retakan berarti barang nya masih bagus.

2. Apabila anda ingin menjadi DJ Band atau Hip-hop

Turntabel DJ Band atau Hip-Hop

Jika profesi anda seorang DJ band atau hip-hop jika anda ingin membeli Turntable yang baru anda harus mempunyai budget yang cukup besar karena Turntabel yang digunakan harus mempunyai torque yang high atau berkecpatan tinggi. Karena dalam bermain DJ band atau hip-hop menginginkan reverse atau hentakan yang cepat karena banyak menggunakan teknik Scracth. 
Jika anda ingin beli yang bekas sama saja dengan DJ club .

Mixer DJ Band atau Hip-Hop

Jika anda ingin membeli Mixer baru untuk seorang DJ Band tak perlu menggunakan banyak channel karena tak memerlukan banyak efek. DJ band hanya memerlukan 2 channel dengan efek delay dan echo, karena dalam profesi ini bukan hebat karena alat namun hebat karena kemampuan.
Jika anda ingin beli yang bekas sama saja dengan DJ club .

Headphone DJ Band atau Hip-Hop

Untuk seorang DJ band sepertinya headphone jarang digunakan namun jika anda ingin beli saja headphone yang standar saja sudah cukup. 
Jika anda ingin beli yang bekas sama saja dengan DJ club .

Sekian artikel dari saya mungkin artikel ini dapat memperjelas tentang cara memilih alat DJ ...
Sampai jumpa pada artikel yang berikutnya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar