Sabtu, 04 Oktober 2014

ARTI DJ ( DEEJAYS )



DJ dalam bahasa inggris di sebut Disc Jockey yaitu seseorang yang terampil dalam memilih dan memainkan rekaman suara. Pada umumnya media yang biasa digunakan yaitu berupa cakram atau diska, dan karena kemahiran dalam memainkan cakram maka mereka di sebut joki cakram. Pada jaman sekarang kemahiran tidak hanya merujuk dalam mengatur lagu/musik pada cakram, namun dalam bentuk medium lainnya. 

Asal Mula Musik DJ

Musik DJ pertama kali digunakan untuk menggambarkan seorang penyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramophone yang sangat populer. Rekaman dalam media ini, juga dikenal sebagai cakram yang dimana dalam industri ini dimainkan oleh para penyiar-penyiar radio, oleh sebab itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan DJ atau Deejays. Akibat banyaknya faktor, termasuk musik yang di pilih para pendengarnya. penyesuaian kinerja media yang digunakan, dan perkembangan dari manipulasi suara yang telah menghasilkan berbagai macam teknik DJ.

Apakah yang dilakukan seorang DJ

Aksi dari seorang DJ yantu memilih rekaman suara, dan cara memainkannya secara sederhana dari satu seri rekaman. Diantaranya seperti menyusun sebuah daftar putar, sampai-sampai memanipulasi rekaman-rekaman yang menggunakan berbagai teknik seperti audio mixing, cueing, cutting, beatmatching, phrasing, atau bisa pula mengacu pada komposisi musik asli. 

Peralatan yang digunakan Seorang DJ

  1. Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD, file MP3 ,dan lain sebagainya)
  2. Minimal mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali (playback) di rekaman-rekaman tersebut, dan alat untuk memanju mundurkan rekaman tersebut (seperti record player, compact disc player, mp3 player)
  3. Sebuah sistem tata suara (seperti portabel audio system, radio wave broadcaster)
Selain alat-alat diatas masih banyak alat-alat lain seperti alat pencampur ( mixer ) yang berguna untuk menggabungkan dan menyelaraskan dua atau lebih peralatan playback, lalu sebuah mikrophone yang biasanya digunakan untuk memperkuat suara manusia, headphone yang digunakan untuk mendengarkan rekaman sambil kita memutarkan player yang lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, dan masih banyak alat-alat lainnya sebagai alat pendukung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar