Senin, 06 Oktober 2014

ALAT-ALAT DJ & PENGERTIANNYA

Berikut ini saya akan sedikit menjelaskan tentang, macam-macam alat-alat DJ


Turntable

Turntabel merupakan alat untuk memutar piringan hitam atau vinyl. turntabel saat ini berbeda dengan yang dulu, karena sudah mengalami banyak perubahan dan ada tambahan fitur pada turntabel yang sekarang ini. Turntabel yang sering digunakan para DJ  yaitu TECHNICS SL-1200 MK II, karena sistem mekaniknya yang simpel dan sistem motornya yang akurat. 





1.Turntabel mat: tatakan piringan hitam
2. start / stop buttons : tombbol on/off turntabel
3. Speed select button : Tombol pengatur RPM sesuaiplat (45/33)
4. Stylus Iiluminator swicth : Tombol Lampu menerangan jarum turntable
5. Headshell : Tempat catridge dan Stylus dipasang
6. Picth Control Knob : Tombol pengaturan pada picth control
7. Reset Botton : Tombol riset
8. Center spindle : Pusat putaran (sumbu as)
9. Balance Weight : Pemberat untuk keseimbagan
10. Cueing Lever : Pengangkat Arm
11. Power Swicth : Tombol hitam pengatur tombol
12. Strobe Dots : Bintik-bintik pada sisi motor turntable
13. Turntable Base : Dasar dari turntable 
14. 45 RPM adaptor : Lingkaran kecil sebagai pusat putaran untuk lubang yang     lebih besar 
15. Stylus Iiluminitor : Lampu untuk penerangi turntable
16. Strobe- Iiliminator/Pilot Light : Pelacak kecepatan/lampu tanda On/Off
17. Turntable Platter : Piringan besi dibagian tengah turntable
18. Arm Lock Knob : Tombol pengunci lingkaran tinggi lengan
19. Anti Skating Control Knob : Tombol pengatur antiskating
20. Arm Clamp : Pengunci pada dudukan lengan nada
21. Locking Nut : Pengunci antara lengan dengan Headshell
22. Picth Indikator : Angka petunjuk pada picth control
23. Tone Arm : Lengan nada


CDJ



CD player atau yang sering di sebut dengan CDJ. Alat ini khusus di buat untuk DJ, karen CDJ ini memiliki featur yang khusus dibuat untuk mencari beat dan juga ada pitch controlnya seperti halnya turntable, oleh karena itu CDJ berbeda dengan CD player yang lainya. Apalagi di zaman secanggih saat ini, penggunaan CDJ semakin berkembang dan banyak digunakan oleh para DJ di club-club atau pun di event-event out door. CDJ juga sudah digunakan sebagai alat poko di Eropa dan Amerika sejak tahun 1994. Berbagai merek sudah berlomba-lomba membuat tipe dan kecanggihan fitur dari CDJ. Seperti diantaranya Pioner, Numark, Denon, dan lain sebagainya. Kebanyakan DJ memilih menggunakan CDJ dibandingkan dengan Turntabel karena player yang digunakan Turntabel cukup berat dibandingkan CDJ, selain itu bentuk CDJ sangat lah simple dan yang paling penting mudah untuk membawa lagu-lagunya. 


MIXER

Mixer merupakan alat yang fungsinya untuk mengabungkan dua lagu yang dimainkan oleh DJ. Kegunaan mixer banyak sekali, karena selain untuk untuk menggabungkan dua lagu, mixer ini juga bisa digunakan untuk memberikan efek-efek suara (namun terdapat pada mixer - mixer tertentu saja), mixer ini juga dapat mengatur volume microphone dan lain sebagainya. Mixer Dj, sangat lah berbeda dengan mixer-mixer yang digunakan untuk band atau studio rekaman. 
Pada mixer DJ umumnya terdiri dari :
Chanel Turntabel (phono), Tape (line), Master Volume, Cueing Level (headphone monitor), dan fasilitas lainnya seperti, Equalizer, Crossfader, DJ Mic, VU, Display, dan lain sebagainya.


HEADPHONE


Jangan anggap remeh alat yang satu ini, meski alat ini kecil namun sangat penting apabila seorang DJ sedang melakukan Speed Hunting atau pun pada saat Mixing sebuah lagu. Headphone berfungsi untuk memonitoring lagu yang akan di keluarkan atau pun pada saat kedua lagu itu Running. Kita tidak harus membesarkan volume pada headphone, asalkan cukup jelas terdengar oleh telinga kita untuk memonitor. Setiap merek headphone mempunyai keunggulan masing masing, namun yang lebih penting headphone tersebut yaman di telinga kita, suara yang dihasilkan headphone tersebut jelas atau tidak pecah (apabila dibesarkan volumenya). Sebenarnya para DJ menggunakan headphone pada sisi sebelah saja untuk melakukan CUe ing atau Speed Hunting, lalu yang sebelahnya lagi digunakan untuk memonitoring lagu yang sedang di putar.


MICROPHONE



Biasanya seorang DJ menggunakan microphone pada saat announchimh untuk mengucapkan selamat datang atau mengucapkan selamat ulang tahun dan lain sebagainya. Yang penting yaitu kualitas dan mutu yang di hasilkan  microphone tersebut, meski microphone tersebut harganya mahal namun kualitas suaranya tidak bagus sama aja bohong. Seorang DJ harus bisa menyetel atau adjusment volume, bass, trable,dan gain yang sesuai supaya tidak terdengar ada gangguan dan suara yang keluar pada speaker terdengar sangat jelas.


VINYL (Piringan Hitam)

Vinyl atau Piringan Hitam ibarat seperti peluru bagi para Disc Jockey dan yang menjadi senjatanya yaitu Turntabel atau CDJ. Vinyl mempunyai kualitas, dan ukuran yang bermacam-macam. Sebagai seorang DJ perlu mengetahui hal seperti ini. Apabila kita sedang membeli vinyl, kita harus sudah tau mana kualitas yang bagus dan yang tidak.
Vinyl dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Long Play Record (ukuran besar), Biasanya berisi berisi banyak lagu di dalam satu muka/side ukurannya yang standard 12inch

2.Single Record (ukuran kecil), Biasanya berisi satu lagu di setiap side ukurannya yang standar 7inch









Tidak ada komentar:

Posting Komentar